Perbedaan Iklan dan Promosi

Pemasaran suatu produk maupun jasa maka diperlukan strategi penjualan yang baik, agar dapat menjual lebih banyak dan memenuhi target yang telah ditetapkan. Adapun penjelasan mengenai apa perbedaan antara iklan dengan promosi dapat dilihat dari tujuan serta metode yang digunakan saat meraih simpati pelanggan.

Iklan

Pengertian iklan (advertising) adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang ataupun perusahaan untuk mengumumkan keberadaan sebuah produk atau jasa kepada masyarakat umum sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Iklan didistribusikan dengan berbagai media, baik media cetak maupun elektronik.

Selain itu ada juga contoh iklan yang didistribusikan dengan selebaran, banner yang dipasang dipinggir jalan, sticker yang ditempel di angkutan umum, billboard dan baliho-baliho di tempat-tempat yang dianggap strategis. Untuk saat ini banyak perusahaan yang menggunakan internet dan media sosial sebagai media iklan.

Promosi

Pengertian promosi adalah suatu kegiatan kampanye dari sebuah produk atau jasa dengan selalu ditandai oleh adanya pemberian insentif atau rewards untuk dapat merangsang pasar agar melakukan tindakan membeli dengan segera saat itu juga.

Promosi diadakan dengan memiliki batas waktu tertentu, apakah itu satu minggu, satu bulan, atau batas waktu lainnya. Setelah masa priode promosi berakhir maka penawaran akan kembali kepada keadaan semula (penawaran normal). Dengan tenggang waktu tersebut diharapkan meningkatkan penjualan dengan cepat.

Perbedaan Iklan dan Promosi

Salah satu pembeda yang mudah kita lihat ialah iklan tidak mempunyai batas waktu, sedangkan promosi selalu memiliki tenggang waktu yang diberlakukan sebagai alat stressing.

Iklan adalah kegiatan untuk memberitahu keberadaan produk kepada masyarakat dan tujuannya untuk menaikkan penjualan, sedangkan promosi adalah suatu cara menawarkan produk maupun jasa guna menarik konsumen untuk membeli atau mengkomsumsi produk yang dijual.

Iklan menawarkan produk yang akan dijual dengan memberikan alasan agar pembeli membeli, sedangkan promosi memberikan hadiah untuk semua orang yang membeli produk yang dijual dalam tenggang waktu tertentu.

Hasil dari iklan tidak dapat diukur secara pasti, sedangkan promosi lebih kuat untuk mendorong pembelian suatu produk baru.

Biaya iklan keluar di awal, sedangkan biaya promosi hanya akan dikeluarkan pada saat ada peminat dari promosi tersebut.

Iklan biasanya digunakan untuk membangun kualitas produk, sedangkan promosi biasanya digunakan untuk menambah nilai dalam menciptakan upaya penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *